Rabu, 12 Januari 2011

# 17. Janji Terindah

Gue gak protes kalo ada yang bilang tampang gue jelek, karena emang gue gak ganteng. Sama Tuhan gue juga gak pernah protes. Hidup ini terlalu indah untuk memikirkan orang2 (banyak banget) yang belum bisa lihat kegantengan gue.

Kegantengan emang bukan modal utama buat dapet pacar, tapi harus diakui kalo itu mempermudah. Apalagi ditambah banyak duit dan pintar bergaul, pasti tu cewek2 pada ngantri kayak orang mau nonton ke bioskop.

Gue juga bingung, kenapa setiap gue nyoba tanya statusnya Ayu selalu menghindar? Gue juga gak mau kan nembak cewek yang udah punya cowok. Apalagi nembak cowok yang udah punya cewek.

Selain itu Ayu juga pernah ngomong kalo gak mau jatuh cinta sama gue, karena gue jelek katanya. Dengan gaya bercanda sih, tapi dengan bercandanya itu gue tambah bingung.

Berdasarkan alasan di atas, gue belum nembak juga sampai sekarang, padahal kita udah jalan sekitar satu bulanan. Kita sering makan siang bareng di kantin kampus, makan malem bareng juga, ke perpus bareng (gak lupa cemilan), beberapa kali ke mall makan es krim. Pantesan berat gue bertambah drastis waktu jalan sama Ayu, isinya makan2 mulu.

Pernah juga gue nemenin Ayu beberapa kali ke PSK, bukan Pekerja Seks Komersil, tapi Pusat Sehatnya Kampus. Puskesmasnya kampus lah, waktu itu dia lagi gak enak badan katanya.

Dan menurut Fatah itu udah kelamaan, ntar keduluan sama orang lain. Tadi siang aja temen sekelas Fatah udah ada yang tanya-tanya gitu, waktu mereka di kantin kebetulan ketemu Ayu.

Sekarang malam sabtu, nDe Geng lagi asik main PS di Kamar Fatah. Tiba2 Ayu sms minta dateng ke kosnya segera, ada hal penting katanya. Dengan alasan ketemu temen dan bikin tugas di perpustakaan gue pergi ninggalin Fatah sama Sabar yang lagi asik PSan.

Gue pake alasan itu karena gue tahu banget mereka berdua alegi sama yang namanya perpus, jadi gak akan ada cerita intai mengintai kayak kemaren.

Nyampe kos Ayu sekitar jam 8.30an, seperti biasa dia udah nunggu di teras. Begitu masuk gue langsung disiram eh ditawarin coklat anget sama Ayu. Ya mau lah gue, mana dingin lagi cuacanya. Gak lama kemudian dia keluar lagi dengan dua ember, eh salah lagi, dua gelas coklat anget.

“Coklatnya enak, lebih enak dari biasanya”. Gue bilang gitu setelah nyobain (hampir habis setengah).
“Sama kayak biasa kok (ketahuan dah sering nebeng minum coklat anget), kamu aja yang lagi kehausan”. Kata Ayu sambil senyum karena ngeliat cara minum gue yang sangat elegan.

Walau garing harus gue akui, coklat gue berasa tambah manis kalo minumnya sambil ngunyah gula jawa, eh sambil lihat senyum Ayu ding. J.

“Kamu suka kan sama aku?”. Pertanyaan Ayu yang barusan bener2 ngagetin gue, untung gak sampai nelan gelas.
“Emang kenapa?”. Gue balik nanya.
“Jawab aja lah, itung2 aku bantuin kamu nembak aku”. Dia ngasih alasan biar gue jawab pertanyaannya. Dan gak lupa pasang senyum manisnya, yang bikin gue berasa pengen jadi gelas. Biar dipake minum, dan dan dan, arrrrggghhh. Ampuni aku Tuhan, dan orang2 yang ngeres setelah baca tulisan barusan.

Bener juga sih yang Ayu bilang. Masak udah dikasih kesempatan gak juga dilakuin, lagian kayaknya dia juga udah tahu perasaan gue, hanya perlu denger langsung aja.

“Iya Yu, aku suka sama kamu. Kamu mau gak jadi pacar aku?”. Fiuh, akhirnya kata2 yang selama ini membuat sakit perut waktu baru dipikirin aja, terucap dengan lancarnya kayak bikin SIM lewat calo.

Beberapa detik hening, tapi gue bisa lihat Ayu menarik nafas dalam2. Terus tangannya megang tangan gue, yang sejak ngomong cinta tadi susah untuk digerakin, apalagi dipindah dari atas meja.

Ternyata tangan Ayu lebih hangat dari pada gelas yang baru diisi coklat anget. Kalo gelas anget dipegang dampaknya sampai telapak tangan aja, tapi sewaktu dipegang Ayu angetnya sampai ke hati. (Hueks bahasanya).

“Aku juga suka sama kamu Don, tapi aku gak bisa jadi pacar kamu”.
Nah lho, jawaban macam apa pula ini? Bingung gue. Karena bingung dicampur sedih dan berbagai perasaan mellow lainnya, gue diem gak bisa ngomong. Bahkan untuk sekedar niru iklan rokok “tanya kenapa?” aja gue gak bisa.

“Aku hamil Don”. Ayu nerusin ucapannya setelah beberapa saat gue diem kayak patung kodok di depan kandang macan. Tangan Ayu yang awalnya gue rasa anget, terus dingin, sekarang berubah lagi berasa sumber listrik 5 ribu watt. Gue nebak aja sih rasanya megang listrik 5 ribu watt karena emang belum pernah, kalo gak langsung mati minimal lemes kayak gue waktu itu.

Kita kan baru jalan sama makan bareng Yu, adegan berbahaya juga baru sampai pegangan tangan sama J dikit. Mana mungkin bisa hamil? Apa karena teknologi udah canggih kehamilan bisa diproses lewat bluetooth?

“Bukan kamu kok Don, makanya aku gak bisa jadi pacarmu juga”. Ayu ngelanjutin kata2nya sebelum gue sempat berpikir untuk ngomong apaan.
“Tapi pleeease, jangan ungkit masalah ini lagi. Aku berusaha ngelupain kesalahanku kemaren, dan !@#$%$^&)(*&^$#^. Gue blank dan gak tahu lagi dia ngomong apaan.

“Don?”. Setelah 5, 10. atau 15 menit terdiam sambil tetap pegangan tangan, terdengar pelan suara Ayu dibarengin isakan. Gue lihat wajahnya, matanya udah merah dan ada air mata yang udah nyampe pipi.

Segera gue berdiri mau pindah tempat duduk ke samping dia dan ngepel, eh ngusap air matanya, tapi gak cukup tempatnya. Badan gue kegedean, eh kursinya ding yang kekecilan J. Makanya dia ikut berdiri juga, kita berhadapan dan tetap pegangan tangan. Tapi dia ngerunduk sambil tetep terisak.

Gue angkat tangan gue ke arah wajahnya, terus gue usap air matanya, dia udah ngelepasin genggamannya waktu itu.

“Jangan nangis Yu, aku gak bisa lihat kamu nangis”. Setelah berusaha keras akhirnya keluar juga suara gue, gak kalah keras juga usaha gue buat gak nangis waktu itu. Masak iya yang ngebujuk biar gak nangis malah nangis, gak keren banget kan.

“Jujur, aku belum tahu kedepannya gimana, tapi aku janji satu hal. Selama kamu mau, aku akan ada terus buat kamu”. Entah apa yang ngedorong gue untuk janji gitu sama Ayu waktu itu? Tapi sekarang gue sadar, itu janji terindah yang pernah gue ucapin ke dia.

Tiba-tiba Ayu meluk gue erat banget, jika maksudnya dia takut kehilangan gue, sama. Tapi kalo maksudnya mau bikin gue kempes, maaf belum berhasil J.

Saat ngerasa pelukan Ayu udah agak pelan, lagian udah pegel juga berdiri, gue ambil jarak lalu ngecup keningnya untuk beberapa detik. Pelan-pelan gue tarik, terus balik badan, pulang dengan perasaan yang sulit untuk dituliskan (takut pembaca sedih juga sih J).

“Don?. Salah jalan”. Terdengar suara Ayu pelan tapi cukup untuk nyadarin gue yang lagi jalan ke arah kiri, padahal seharusnya ke kanan. Menuju kandang macan.

J Sedikit Pesan:
  • Fiuh. Hiks hiks hiks…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar